Friday, August 24, 2012

PUTTY FATAL ERROR - NETWORK ERROR : SOFTWARE CAUSED CONNECTION ABORT

Masalah ini muncul ketika saya menginstal suatu aplikasi di ubuntu server. Setelah server di reboot dan saya coba untuk remote dengan putty, munculah gejala-gejala error seperti lambatnya koneksi putty disertai dengan akhiran pesan Error : Network error: Software caused connection abort. Saya lakukan analisa ternyata openssh-server yang bermasalah, ini berarti koneksi dengan WinSCP juga tidak bisa.


Saya jadi kesal karena hal ini malah menambah kerjaan saya saja, jadi tidak bisa remote Ubuntu server, otomatis harus langsung ke ruangan server yang jaraknya lumayan jauh dari kantor untuk memperbaiki masalah ini secepat mungkin. Belum lagi berbagai macam pekerjaan IT lainnya yang harus saya lakukan baik di kantor ataupun di gedung lainnya. Hmm..andaikan saya bisa menduplikat diri menjadi 4 orang. 

Dengan target masalah ini harus diselesaikan hari ini juga. Di ubuntu server inilah terdapat Squid proxy yang merupakan aplikasi terpenting dari jaringan kami, jadi akan susah saya memantau dan mengaturnya jika tidak bisa saya remote dari kejauhan.

Saya temukan solusi sementara sembari memperbaiki masalah remote putty yaitu remote server dengan TightVNC namun dengan syarat, ubuntu server harus terlebih dahulu di instal Graphical User Interface (GUI) dan masalah terselesaikan dengan solusi alternatif ini, kekurangannya adalah remote agak lambat karena harus menampilkan GUI ubuntu server di laptop / komputer kita.   

Dan berikut ini solusi yang saya temukan untuk memperbaiki Putty Error :

1. Uninstall openssh-server dengan :

# apt-get purge openssh-server

2. Lalu re-install lagi

# apt-get update lalu apt-get install openssh-server

3. Kemudian edit sshd config di # pico /etc/ssh/sshd_config

Jangan lupa set up lagi port 22, jadikan port untuk koneksi putty & winSCP ke port yang semula. Misalnya : 132

Catatan :  Ulangi lagi langkah di atas jika percobaan pertama belum berhasil.