Wednesday, June 11, 2014

Cara Backup Seluruh Email Dengan Cara Sederhana





Bagi orang yang bekerja di bidang IT atau yang berpengetahuan lebih di bidang IT cara ini mungkin hal biasa (sudah tahu Bang!), tetapi bagi orang lain (awam) pada umumnya, mungkin masih sedikit yang mengetahuinya dan oleh karena itu tutorial ini akan sangat berguna, membantu dalam mengamankan seluruh email penting Anda, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan.

dan bagi orang yang bekerja di bidang IT atau yang berpengetahuan lebih di bidang IT masih ada lagi cara lain untuk backup email-email secara keseluruhan & bisa diakses dengan tanpa adanya koneksi internet (offline).

Yaitu dengan menggunakan email client seperti Ms. Outlook atau Mozilla Thunderbird dsb terus di backup lagi dengan memindahkan tempat penyimpanannya ke partisi (Drive) yang berbeda agar tidak ikut hilang saat sistem operasi di instal ulang, dan lagi... cara ini bagi orang (awam) lain pada umumnya, kemungkinan besar mereka tidak mengetahuinya dan tidak mengerti bagaimana caranya. 

Karena saya memakai Gmail sebagai akun email utama (Main) maka langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Login ke Gmail.

2. Klik pada Menu Setelan (Settings) pada pojok kanan atas (icon Gear), pilih Setelan (Settings).

3. Pilih Penerusan dan POP/ IMAP dan karena saya memakai Hotmail sebagai akun email kedua (Backup) maka contohnya seperti pada gambar dibawah ini, apabila Anda ingin memakai akun email yang berbeda silahkan disesuaikan saja, misalnya email yahoo (Ymail) dsb  :)

Lihat gambar.




4. Kemudian Simpan (Save) perubahannya, periksalah akun email kedua (Backup) Anda dalam 3 hari kedepan, seharusnya telah terdapat email-email yang juga ada pada akun email utama (Main) Anda.

N.B :
 * Trik ini kemungkinan bisa juga diterapkan pada akun email lainnya seperti Ymail, Hotmail dsb apabila Anda menginginkan Ymail atau Hotmail sebagai akun email utama (Main) nya, berarti langkah-langkah dibawah ini tinggal dibalik saja/ disesuaikan.

 * Untuk yang Anda memakai email kantor dengan Server Email sendiri, silahkan ditanyakan dengan Sistem Administratornya, kecuali email kantornya juga memakai email Gmail, Ymail atau Hotmail namun mengunakan Domain nama perusahaannya. 

 * Silahkan berkreasi seperti menambahkan filter pada akun email kedua (Backup) Anda jadi apabila ada email yang masuk dari akun email utama (Main) Anda maka otomatis langsung menuju ke Label (folder label) yang telah ditentukan.

Selamat Mencoba, Good Luck! :D