Wednesday, June 03, 2015

Mengingat Command Reboot/ Restart Di Ubuntu/ Debian



Coba, melatih ingatan tentang command reboot/ restart via terminal Ubuntu Server/ Debian tanpa melihat manpages, terutama bagi system administrator, memang kadangkala kita lebih suka mengunakan fitur command history dengan hanya mengunakan tombol panah atas dan bawah, namun apabila ada satu atau dua command ingin kita jalankan sedangkan di command history sudah terlalu jauh untuk dicari, ya apa boleh buat, cara tercepat untuk menjalankan command tersebut adalah mengetikannya ulang lalu enter!.

Di topik artikel kali ini saya ingin mengajak anda untuk mengingat-ngingat kembali command reboot/ restart pada ubuntu/ Debian, mengapa saya katakan pada Ubuntu/ Debian? ya karena command nya memang banyak yang serupa, namanya saja satu keturunan, satu rumpun, kalau ternyata ada command yang hanya bisa digunakan di Debian lalu tidak bisa digunakan di Ubuntu, ya harus kita cari dahulu command apa yang benar/ tepat, gitu saja kok repot bro :D . Berikut dibawah ini adalah beberapa command nya :

N.B. Gunakan sudo di depan command apabila anda tidak sedang mengunakan user root, misalnya anda sedang mengunakan user yang termasuk dalam grup sudoers.
reboot
atau
shutdown -r now
atau
shutdown -r +0
atau
init 6
atau
poweroff
Dengan waktu.
shutdown -r [minute]
misalnya.
shutdown -r 3
Dengan waktu & Pesan.
shutdown -r [minute] [message]
misalnya.
shutdown -r 3 "RIP"
Dengan melihat log reboot.
last reboot
Tips. Jangan coba-coba ( iseng ) mengunakan command diatas disaat ubuntu server sedang digunakan oleh user lain atau oleh klien anda, kecuali jika situasi kondisi sistem yang mendesak yang dikarenakan sesuatu hal, ya silahkan saja.

Selamat Mencoba!